Selasa, 27 Mei 2014

JADWAL SHOLAT DIGITAL BANDUNG 087879307902/081310841727

Bersedekah Akan Menambah Rezeki 

“Siapa yang memberi pinjaman kepada Allah, dengan pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran dengan lipat ganda yang banyak.  Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”(QS, 2:245)

gabr 1Hampir semua agama menganjurkan agar kita untuk membantu kehidupan orang yang masih kurang beruntung yang ada disekitar kita. Bahkan saat ini perusahaan-perusahaan besarpun mulai menyadari pentingnya membantu masyarakat melalui kegiatan CSR, (Social Corporate Responsibility) yang bertujuan untuk mengurangi dampak negative bisnis dan akibat kesenjangan.  Mereka menyadari bahwa  tingginya kesenjangan ekonomi dan social akan membawa dampak negative seperti konflik, kriminal dll.
Agama kita menganjurkan kita agar tidak egois hanya mementingkan diri sendiri, kita diminta untuk menafkahkan sebagian yang kita dapat untuk orang yang membutuhkanyang ada disekitar kita ; “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya”. (QS 2:215)
gbr 2Prioritasnya memang orang tua, kemudian kerabat yang masih susah, anak yatim, orang miskin dan musafir. Namun tentu kondisinya berbeda-beda, bisa jadi orang tua dan kerabat seseorang sangat mampu sehingga tidak membutuhkan pertolongan, jika demikian maka kita dianjurkan untuk aktif mencari dan membantu mereka yang membutuhkan.   “Carilah aku melalui orang-orang lemah diantara kalian, karena sesungguhnya kalian akan di beri rejeki dan ditolong sebab orang-orang lemah (duafa) itu”(HR Tarmizi, Abu Dawud). “Bukankah kamu diberikan pertolongan dan rejeki karena orang-orang lemah di kalangan kamu?” (HR. Bukhari).  
Kita dihimbau agar tidak ragu dalam bersedekah, karena sedekah yang kita berikan akan diganti oleh Allah SWT  :  “Hai anak Adam berinfaklah (nafkankan hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu “(HR Muslim).  Bukan hanya itu, sedekah yang kita berikan akan menyebabkan harta kita bertambah :  “Sedekah itu tidak akan menyebabkan sesuatu pada harta, kecuali hanya akan memperbanyaknya. Karena itu bersedekahlah kamu sekalian, pasti Allah akan mencurahkan rahmatnya” (HR Ibnu Abiddunya).
gbr 3Selain sedekah kita juga dianjurkan untuk menolong, apakah itu membantu meringankan pekerjaan, membantu dari sisi pendidikan, memberikan kesempatan dll ;  Allah berjanji akan menolong seseorang, jika  dia mau menolong ; “Aku akan menolong hambaku, selama ia menolong saudaranya (hadist qudsi). “Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang dapat mengalahkan kamu” (QS 3 :160).
Berbuat baik seperti sedekah, menolong bahkan senyum akan mendapatkan balasan oleh Allah. Jika memberikan amal baik / sedekah, akan dibalas berlipat ganda : “Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya /dirugikan. (QS, 6:160).
Selain membantu individu / kelompok, kita juga dianjurkan untuk membantu membangun fasilitas yang bermanfaat untuk orang banyak seperti  masjid, sekolah, rumah sakit , jembatan, jalan raya dll.  Allah berjanji akan menggantikan dana yang kita sumbangkan ;
gbr 4“Siapa yang memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran dengan lipat ganda yang banyak.  Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS, 2:245)
“Perumpamaan nafkah orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai ada  seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS: 2: 261)
Sungguh bersedekah adalah hal yang baik, karena akan mengurangi kesenjangan dan mengurangi potensi konflik dan kriminalitas disekitar kita .  Sedekah tidak akan membuat kita miskin, bahkan seperti pada ayat di atas , Allah menjamin bahwa sedekah malah akan membuat harta kita berlipat ganda.
Namun dalam hadist lain kita diingatkan agar janganlah kita memberikan sedekah dengan mengharapkan imbalan rejeki atau maksud tertentu, tetapi  sedekah harus disertai niat ikhlas untuk membantu sesuai dengan perintah/petunjuk dari Allah swt.
Semoga kita semua mampu memberikan sedekah secara ihlas…..amiinn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar